SENYUM FASTMU

To Be The Great Islamic Hospital

SENYUM FASTMU

July 30, 2019 Uncategorized 0

PATI – RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah sukses menggelar acara seminar parenting terkini dengan tema Pola Asuh Anak di Era Digital pada (24/7) kemarin di Aula lantai 5 rumah sakit.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut dr. Anindya Diwasasri, M.Sc., Sp.A. yang memaparkan materi tentang Kids zaman now, gadget dan pengaruhnya pada anak.

Fenomena gadget pada anak seperti 2 (dua) mata pisau, yang mempunyai sisi positif (keuntungan) bagi tumbuh kembang dan juga sisi negatif yaitu dampak buruk yang siap mengintai kesehatan anak. Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua untuk konsumsi gadget pada anak, utamnya tentang konten. durasi atau batasan waktu dan batas usia toleransi.

dr.Anindya selaku dokter spesialis anak yang berpraktek di RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah ini menyampaikan bahwa “Berdasarkan American Academy of Pediatrics merekomendasikan pembatasan gadget sesuai dengan usia anak :

  1. Usia kurang dari 18 bulan, anak hanya boleh terpapar media video-chat, media lainnya tidak direkomendasikan
  2. Usia 18-24 bulan dapat mulai dikenalkan media digital dengan konten program yang edukatif, pengawasan orang tua diperlukan agar anak memahami konten program
  3. Usia 2-5 tahun batasi penggunaan layar gadget 1 jam per hari untuk melihat program edukatif
  4. Usia 6 tahun atau lebih dapat menggunakan gadget lebih dari 1 jam namun tetap diberikan batasan. Pastikan penggunaan gadget tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidur sang buah hati.

 

Namun karena semua kemudahan yang ada didalam genggaman tangan, seringkali orang tua terlena akan perubahan zaman digital seperti sekarang. Sehingga kendali dan aturan yang lemah, menjadi celah untuk anak terus terpaku dengan gadget-nya dan kemudian menjadi kebiasaan buruk bahkan sampai menjadi candu.

Untuk itu dalam kesempatan yang sama, RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah juga menghadirkan pembicara Subiantoro, S.Psi., Psikolog. untuk menyampaikan materi terapi kecanduan gadget.

Menurut Psikolog yang  berpraktek di Klinik Psikologi RSU Fastabiq Sehat PKU Muhhammadiyah ini “Salah satu cara yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan mengubah pola pikir, membangun komunikasi yang intens antara orang tua dan anak serta mulailah untuk menjadi role model atau panutan yang pantas untuk dijadikan tauladan terbaik bagi buah hati.

dr.Aldila selaku Direktur Utama RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah mengatakan bahwa “RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah terus berusaha responsif menangkap kecemasan jutaan orang tua yang mulai putus asa menghadapi anak-anaknya yang tidak bisa dipisahkan dari gadget. Kami memberikan secercah harapan kepada para orang tua bahwa kecanduan gadget pada anak dapat disembuhkan. Temukan solusi terbaiknya bersama kami di klinik spesialis anak dan klinik psikologi RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *